Apakah Manfaat Akupuntur ?

PAP - Apakah akupuntur benar-benar mujarab atau sekadar placebo, hal ini masih menjadi bahan riset ilmiah. Ditinjau dari percobaan-percobaan klinis yang ada menurut protokol obat-obatan berdasarkan bukti; beberapa ilmuwan telah menemukan kemanjurannya untuk sakit kepala, sakit punggung bagian bawah dan nausea, tetapi kebanyakan kondisi diakhiri dengan tidak cukupnya bukti yang memastikan apakah akupunktur benar-benar efektif. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Pusat untuk Obat-obatan Alternatif dan Komplementer Nasional (NCCAM) yang berada di bawah naungan Institut Kesehatan Nasional (NIH), Asosiasi Medis Amerika (AMA) dan beberapa laporan resmi juga telah mempelajari serta memberi komentar tentang kemanjuran akupunktur. 

Terdapat persetujuan umum bahwa akupunktur adalah aman apabila dilakukan oleh praktisi yang terlatih, dan bahwa penelitian lebih jauh tentang akupunktur diperlukan. Dari beberapa kesaksian Praktisi Akupuntur banyak membantu dalam menuntaskan persoalan kesehatan secara phisik.

Manfaat Akupuntur lainnya : 
  • Membantu mengurangi sakit kepala dan migrain. 
  • Meredakan nyeri kronis, termasuk nyeri punggung, leher, lutut,dan arthritis. 
  • Membantu mengobati insomnia. 
  • Meningkatkan pemulihan kanker dan efek kemoterapi. 
  • Membantu mencegah penurunan kehilangan fungsi otak kognitif.
Manfaat lainnya menurut beberapa sumber :


Memberikan efek relaksasi

Manfaat utama dari akupuntur adalah memberikan efek relaksasi pada wajah dan seluruh tubuh. Hal tersebut diakibatkan setelah melakukan terapi, syaraf-syaraf yang ada dalam tubuh menjadi lebih rileks dan tidak tegang

Anti-aging

Membuat kondisi kulit menjadi segar, akupuntur mampu mencegah terjadinya penuaan dini. Selain itu, akupuntur juga mampu menjadi alternatif bila krim anti-aging yang tidak cocok dengan kulit kita

Penghilang rasa mual dan sakit perut

Akupuntur pada wajah diyakini dapat meredakan rasa mual dan sakit perut karena salah satu titik akupuntur pada wajah memiliki koneksi pada bagian lambung.

Mencegah jerawat

Mampu menghilangkan, akupuntur juga dapat mengobati dan mencegah jerawat datang kembali.

Melancarkan pencernaan

Selain memiliki koneksi langsung pada lambung, titik akupuntur lain pada wajah juga mengarah ke orga pencernaan seperti usus dan ginjal. Dengan mengaplikasikan akupuntur pada titik tersebut dapat memperlancar pencernaan dan menghilangkan berbagai gangguan pencernaan. 

Menjaga keseimbangan hormon

Agar hormon yang terdapat dalam tubuh tetap terjaga dan nggak mengakibatkan kelainan hormon, kita harus rutin melakukan terapi penyeimbangan hormon. Salah satu yang dapat kita lakukan adalah melakukan akupuntur wajah yang mampu membantu menjaga keseimbangan hormon.

Menjaga kesehatan jantung

Bagi orang dewasa, akupuntur kerap dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Sejak dulu, akupuntur pada wajah kerap dimanfaatkan sebagai terapi pencegahan serangan jantung dan penyakit jantung koroner. Meski begitu, bukan berarti kita sebagai anak muda nggak perlu melakukan terapi ini.

Memperlancar peredaran darah

Akupuntur juga dapat dilakukan pada seluruh tubuh yang berguna untuk melancarkan peredaran darah dan mampu membuat tubuh lebih segar.

Menurunkan berat badan

Akupuntur dapat membantu kita menurunkan berat badan dengan menekan nafsu makan sehingga berat badan ideal dapat dicapai.

Depresi

Selain mengobati gejala depresi, rupanya akupuntur juga membuat obat anti-depresi dapat bekerja lebih efisien.

Meringankan epicondylitis

Dikenal pula sebagai Tenis Elbow, yaitu timbulnya rasa nyeri pada siku, kita juga bisa meringakan kondisi ini dengan akupuntur.

Menjaga kesehatan kulit wajah

Selain memiliki manfaat besar bagi organ dalam, akupuntur juga memiliki manfaat menjaga kesehatan kulit, termasuk kulit wajah. Energi positif yang masuk ke dalam kulit wajah mampu membantu kulit wajah menjadi lebih sehat dan membuat pori-pori lebih optimal menyerap berbagai vitamin dan nutrisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

Ahli Pengobatan